Senior Editor / Entries 230 v
Mencintai sains, aurora borealis, Bandaneira, dan 3G.

8 Peralatan wajib bawa saat caving

Berencana wisata ke perut bumi? Berikut daftar peralatan susur gua (caving) yang wajib dimiliki.

Aktivitas Caving di Luweng Grubug

Seorang penelusur gua menuruni Luweng Grubug sedalam 90 meter di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Foto: Antara/Noveradika

1) Helm

Selama di dalam gua, kepala sangat berpeluang terbentur langit-langit gua atau terkena hantaman batu. Untuk meredam resiko kepala bocor, gunakan helm keras yang direkomendasikan untuk aktivitas susur gua.

2) Lampu kepala, lampu cadangan, dan baterai

Pengunjung gua juga butuh sedikitnya satu lampu kepala yang dapat dikaitkan ke helm. Situasi dalam gua bisa sangat gelap, tanpa cahaya, sehingga peran lampu kepala  cukup vital. Khususnya untuk menyorot lorong yang dilewati. Pilihlah lampu kepala berkualitas baik, yang tahan banting dan tidak mudah rusak ketika terjatuh. Lampu kepala LED yang harganya murah saat ini sudah banyak dijual bebas.

Sebagai cadangan, siapkan dua alat penerang lain. Ini akan sangat menolong saat lampu kepala yang Anda gunakan rusak. Lilin, senter lama, dan stik fosfor tidak termasuk dalam kategori lampu cadangan. Lampu cadangan harus berfungsi dengan baik dan salah satu diantaranya bisa dikaitkan ke helm. Usahakan jenis baterai yang digunakan juga sama dengan lampu utama.

Satu hal lagi, siapkan sedikitnya tiga set baterai untuk lampu kepala dan cadangannya.

3) Sepatu boot

Untuk masuk gua, gunakan sepatu gunung yang kuat atau sepatu boot dengan sol bergerigi. Sepatu tenis yang bersol datar tidak akan bertahan lama, sebab situasi di dalam gua gampang merusak sepatu.

4) Coverall

Sepintas tampilan coverall mirip baju bengkel. Tetapi inilah kostum tepat untuk berwisata ke perut bumi. Pakaian berbahan katun tidak cocok, sebab bahan ini akan mudah basah dan susah kering. Ada baiknya menanyakan kostum yang tepat kepada operator wisata gua, agar Anda membawa pakaian yang sesuai dengan lingkungan gua yang akan Anda masuki.

5) Sarung tangan

Sepasang sarung tangan yang baik akan melindungi tangan Anda dari permukaan batu gua yang runcing.

6) Tas

Tas khusus untuk masuk gua biasa disebut cave pack. Tas ini berguna untuk membawa alat penerang cadangan, baterai, air minum, dan snack. Jika gua tergolong basah, sebaiknya membawa tas kedap air atau dry bag.

7) Makanan dan air minum

Bawalah makanan yang tidak gampang hancur. Usahakan membawa lebih banyak makanan dan air minum, seandainya jalur yang ditempuh cukup panjang.

8) Baju ganti

Pakaian coverall Anda akan sangat kotor begitu keluar dari gua yang berlumpur. Bawalah pakaian ganti lengkap, termasuk pakaian dalam dan sepatu. Tisu basah juga akan sangat berguna, untuk membersihkan tangan dan wajah Anda yang penuh lumpur.

Baca ini juga
Scroll to top