Chief Editor / Entries 146 v
Mantan traveler impulsif yang kini berencana melakukan perjalanan panjang bersama balita. Kerap menambah berat beban saat pulang dengan buku dan koran lokal.

Asinan paling top seantero Jakarta

Ngidam semangkuk asinan yang gurih dan pedas? Yuk, ngubek Jakarta. Kita nyicip Asinan Kamboja di Haji Mansyur Rawamangun, lalu lanjut ke Asinan Bang Tata depan Ragusa.oja

Asinan Kamboja Haji Mansyur

Jangan gampang terkecoh dengan namanya. Asinan ini bukan kuliner khas Negeri Khmer Kamboja, kok.  Sebab yang namanya Asinan Kamboja, sesungguhnya asinan betawi tulen. Campuran kol, tauge, selada, ketimun, dan tahu segar, lalu disiram saus kacang kental. Biar lebih komplit permukaan asinan ditaburi dengan krupuk kuning dan kacang goreng.

Asinan kamboja asinan betawi

Asinan Kamboja biasa diserbu pembeli dari sekitar Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Jam padatnya berkisar dari pukul 12.00 – 14.00 dan 16.00 – 19.00. Kalau malas antre sebaiknya jangan datang pada jam-jam tersebut. Yang perlu dihindari juga ialah saat akhir pekan, sebab pembeli yang datang lebih banyak lagi.

Apa kelebihan asinan yang satu ini?

Saus kacangnya. Kental, gurih, dan pedasnya pas. Sepiring asinan dijual per porsi Rp 10.000 – Rp 12.000. Gak doyan sayur? Warung Asinan Kamboja yang sudah berjualan asinan hingga dua generasi ini menyediakan pula asinan buah. Terdiri dari potongan bengkoang, mangga muda, nanas, dan kedondong.

Asinan Buah Haji Mansyur

Asinan Kamboja Haji Mansyur
Jalan Taman Kamboja Nomor 10, Rawamangun, Jakarta Timur (tidak jauh dari RS Persahabatan)
Jam Buka:  09.00 – 22.00

Asinan Spesial Nyonya Isye

Masih di seputaran Rawamangun, ada lagi asinan beken. Yaitu Asinan Spesial Nyonya Isye. Pamor Nyonya Isye dalam meracik sayur dan buah dalam asinan sudah terdengar sampai ke pelosok Ibu Kota. Dia menawarkan suasana rumah yang santai untuk bersantap asinan sayur, asinan buah, atau asinan mie juhi.

Apa yang spesial?

Bumbunya, karena merupakan perpaduan antara asinan bogor dan asinan betawi. Soal harga, seporsi asinan sayur dan asinan buah dijual Rp 10.000, sedangkan asinan mie juhi Rp 15.000. Sepotong promo yang juga berlaku yaitu setiap pembelian lima porsi asinan, pembeli dapat gratisan satu jus kacang hijau.

Asinan Spesial Nyonya Isye
Jalan Taman Kamboja III/14, Rawamangun, Jakarta Timur (di seberang RS Persahabatan)
Jam Buka: 07.00 – 21.00

Asinan Bang Tata

Tak susah menemukan lokasi Bang Tata jualan. Gerobaknya selalu parkir di depan warung es krim legendaris, Ragusa. Bang Tata memiliki dua varian asinan, yakni asinan sayur dan asinan mie juhi. Asinan sayur diracik dengan irisan ketimun, tauge, tahu, kol, wortel, dan sayur sawi. Plus krupuk kuning sebagai topping. Saus kacangnya tidak terlalu kental, sambalnya manis pedas.

Ngidam asinan juhi? Nah, kalau asinan yang satu ini topping-nya cumi kering yang sudah diasinkan dan mie basah. Asinan juhi adalah menu terlaris dari gerobak Bang Tata. Harganya terjangkau, Rp 13.000 per porsi. Sedangkan asinan sayur Rp 10.000.

Buat pecinta asinan yang tinggal di Jakarta Utara, jangan khawatir. Sekarang Asinan Bang Tata buka cabang di Food Court Eat ‘n Eat Mal Kelapa Gading 5 lantai 3.

Asinan Bang Tata
Jalan Veteran, Jakarta Pusat (persis di depan Warung Es Krim Ragusa)
Jam Buka: 10.00 – 22.00 

 

Baca ini juga
Scroll to top