Editor / Entries 197 v
Mengantongi banyak destinasi impian, terutama kedai kopi lokal dan pantai-pantai dari ujung barat sampai timur Indonesia. Sedikit berjiwa kucing, senang bermain air meski tak pandai berenang.

Jakarnaval siap meramaikan HUT Jakarta ke-486

Semarak kembang api di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, menandai pergantian tahun baru 2013.

Semarak kembang api di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, saat pergantian tahun baru 2013 silam.

Jelang ulang tahun kota Jakarta ke-486 yang jatuh pada tangal 22 Juni, pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk merayakannya. Pencanangan HUT ke-486 kota Jakarta akan dipusatkan di Kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung, dan digelar serentak di lima wilayah lain.

Dalam perayaan ulangtahun kali ini, tema yang dipilih adalah “Jakarta Baru, Jakarta Kita”. Tema yang juga menjadi jargon pasangan Gubernur Jokowi dan Wakil Gubernur Basuki dalam memimpin DKI Jakarta ini mengandung makna konsep kerakyatan dan kebersamaan.

Ketua Panitia HUT ke-486 Kota Jakarta, Sylviana Murni, seperti dikutip dari beritajakarta.com, mengatakan tema ini juga mengusung semangat untuk mengubah dan menata Jakarta menjadi lebih manusiawi (humanis), bermasa depan yang lebih baik (futuris), memiliki kekhasan (branding) dengan tetap menjaga keragaman yang tumbuh dan berkembang di Jakarta (pluralis).

Ondel-ondel, ikon Betawi yang selalu terlihat di setiap perayaan HUT Jakarta, terpampang dalam bentuk mural pada salah satu dinding di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. (FOTO: ANTARA/Reno Esnir)

Ondel-ondel, ikon Betawi yang selalu terlihat di setiap perayaan HUT Jakarta, terpampang dalam bentuk mural pada salah satu dinding di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. (FOTO: ANTARA/Reno Esnir)

Sekitar 35 kegiatan akan digelar untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta mulai 2 Juni hingga 31 Juli, diantaranya Festival Jakarta Great Sale (FJGS), Pekan Raya Jakarta (PRJ), Abang None, Jakarnaval, pertunjukan seni, serta Jakarta Night Festival, yang akan digelar tepat pada HUT DKI yang jatuh pada 22 Juni nanti.

Bagi yang senang nonton pertunjukan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersilakan masyarakat untuk menonton drama musikal Betawi berjudul Ariah yang akan dipentaskan langsung selama tiga hari pada 28-30 Juni di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Tiket pertunjukan Ariah dibagi menjadi empat kategori, yakni VVIP (Rp 1.500.000), VIP (Rp 900.000), Kelas 1 (Rp 500.000), dan Kelas 2 (Rp 275.000). Tiket bisa didapatkan di Duta Suara Plaza Indonesia, Plaza Senayan, Mal Kelapa Gading, Ibu Dibyo (021-3100387), dan EtCetera (021-7246225).

Selain acara hiburan, kegiatan olah raga seperti lomba lari maraton Jakarta 10K dan Kejuaraan Golf Dunia turut digelar.

Andong  di FJGS

Salah satu andong yang menjadi peserta andong hias sebagai bagian dari Festival Jakarta Great Sale (FJGS) tahun lalu di melintas di depan pusat perbelanjaan Senayan City. (FOTO ANTARA/Dhoni Setiawan)

Sementara itu, Festival Jakarta Great Sale 2013 resmi dibuka sejak Sabtu (1/6) lalu. Tahun ini, ajang diskon besar-besaran tersebut diikuti 74 pusat belanja. Beberapa pusat belanja yang berpartisipasi dalam Festival Jakarta Great Sale 2013 antara lain FX Lifestyle x’nter, Grand Indonesia Shopping Town, ITC Mangga Dua, Kota Kasablanka, Mal Kelapa Gading, Mal Taman Anggrek, Pacific Place, Plaza Semanggi, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall, Pusat Grosir Cililitan, Senayan City, dan Tamini Square. Daftar lengkapnya dapat dilihat di sini.

Salah satu kegiatan yang ditunggu warga Jakarta setiap perayaan HUT Jakarta adalah Jakarnaval. Pada tahun-tahun sebelumnya, ribuan peserta karnaval tumplek blek di jalan protokol, menampilkan berbagai kesenian dan budaya tradisional Indonesia, khususnya Betawi. Selain itu, puluhan kendaraan hias dan komunitas sepeda dan mobil antik turut meramaikan Jakarnaval. Selama tiga jam, masyarakat dihibur oleh semarak karnaval yang diiringi musik yang meriah.

Beberapa contoh mobil hias yang turut meramaikan penyelenggaraan Jakarnaval 2012. (FOTO: Aldriana Amir)

Beberapa contoh mobil hias yang turut meramaikan penyelenggaraan Jakarnaval 2012. (FOTO: Aldriana Amir)

Jakarnaval yang diadakan sejak tahun 1999, tahun lalu diikuti lebih dari 3.000 peserta yang terdiri dari 148 pengendara motor (Harley Davidson, motor antik Scooter), 140 pesepeda (komunitas Bike to Work, BMX), 56 grup kesenian, 66 unit mobil, dan 25 unit mobil hias.

Malam harinya, Anda dapat menyaksikan kemeriahan Jakarta Night Festival yang akan digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin hinggga Bundaran Hotel Indonesia. Sebanyak delapan panggung hiburan akan disiapkan, menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Saat pelaksanaan Jakarta Night Festival nanti akan dilakukan penutupan jalan total mulai pukul 19:30 – 23:00.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya Anda belum sempat merasakan kemeriahan karnaval dan festival jalanan di ibukota, kosongkan jadwal tanggal 22 Juni nanti, dan meleburlah bersama warga lainnya untuk merayakan HUT Jakarta ke-486!

.

*)Ralat: Sebelumnya tertulis “Untuk menonton pertunjukan ini tidak dipungut biaya, alias gratis.”. Seharusnya, “Tiket pertunjukan Ariah dibagi menjadi empat kategori, yakni VVIP (Rp 1.500.000), VIP (Rp 900.000), Kelas 1 (Rp 500.000), dan Kelas 2 (Rp 275.000).”

Baca ini juga
Scroll to top