Senior Editor / Entries 232 v
Mencintai sains, aurora borealis, Bandaneira, dan 3G.

Bertemu kembaran sphinx di Pantai Klayar

Berencana mudik lewat jalur selatan? Mampir Pacitan sebentar, kita main air dan bertemu sphinx di Pantai Klayar

Pantai Klayar berjarak 45 kilometer sebelah barat Kota Pacitan di Jawa Timur. Perjalanan darat dari kota ke pantai makan waktu 60 menit. Siapkan diri sebab jalan aspal menuju pantai ini sempit, berbukit, dan penuh tikungan tajam.

Patung sphinx mesir pantai klayar

Karang mirip patung sphinx Mesir di Pantai Klayar, Pacitan.

Kelelahan perjalanan mudik segera terbayar begitu wisatawan sampai di Klayar, laguna jelita yang diapit oleh bukit karang. Di timur menjulang batu karang mirip sphinx di Mesir. Wisatawan bisa naik ke atasnya untuk menikmati lanskap lengkap dari kawasan ini.

Ombak pantai klayar

Ombak mengguyur batuan karang di sekitar Pantai Klayar dan membentuk air terjun. http://handartiewie.blogspot.com/

Yang unik dari Klayar bukan cuma karang mirip patung sphinx. Ombaknya juga berbeda. Ombak yang bergulung-gulung datang, begitu sampai ke bibir pantai akan menimbulkan bunyi siulan, seperti suara seruling bambu. Khususnya saat air tersebut secara periodik menyusup masuk ke bawah karang, lalu menyembur ke udara dengan ketinggian 10 meter. Inilah yang disebut-sebut air mancur Pantai Klayar. Masyarakat meyakini, air mancur ini obat awet muda.

Sedangkan buat ahli geologi yang mempelajari sejarah pembentukan kawasan ini, fenomena tersebut biasa dikenal sebagai efek blow pipe. Fenomena alam itu terjadi bila air laut dan udara yang terjebak di retakan batuan tertekan oleh datangnya gelombang.

Wisatawan di  pantai klayar

Wisatawan bermain dengan ombak di Pantai Klayar. Foto http://handartiewie.blogspot.com/

Karang sepanjang Pantai Klayar sesekali diguyur pula oleh ombak besar pantai selatan Jawa. Pengunjung biasa bermain dengan hempasan ombak yang bisa berbentuk air terjun tersebut. Ingin berenang? Sebaiknya tidak, sebab pantai ini tidak cocok untuk aktivitas bahari yang satu itu. Ombak yang besar akan mudah menyeret segala objek ke tengah laut. Pantai ini lebih cocok dinikmati pemandangannya dan hempasan ombaknya saja, tidak untuk berenang.

Pantai Klayar tergolong ramai pada saat libur Lebaran. Banyak wisatawan datang berlibur bersama keluarga dan teman, atau sekadar ingin melihat patung mirip sphinx dan air mancur setinggi 10 meter di tempat ini. Wisatawan yang ingin mencari pantai tenang dengan air lautnya sejernih kristal, pergilah ke Pantai Klayar saat hari biasa atau akhir pekan usai libur Lebaran.

Baca ini juga
Scroll to top