Editor / Entries 201 v
Mengantongi banyak destinasi impian, terutama kedai kopi lokal dan pantai-pantai dari ujung barat sampai timur Indonesia. Sedikit berjiwa kucing, senang bermain air meski tak pandai berenang.

Suguhan lengkap Jakarta Fashion & Food Festival 2012

Tak perlu ke Rio de Janeiro untuk menonton karnaval, atau ke Medan untuk mencicipi Kue Putu Bambu, karena Jakarta Fashion & Food festival 2012 menyediakan keduanya.

Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) kembali diadakan di kawasan sentra Kelapa Gading pada tanggal 12-27 Mei 2012. Festival tahun ini mengusung tema Innofashion. Memadukan kata ”innovation” dan “fashion”, JFFF ingin menunjukkan kekayaan budaya nusantara, khususnya dalam mode dan olah kuliner, yang diberi sentuhan modern. JFFF rutin diadakan setiap bulan Mei sejak tahun 2003, dan diprakarsai oleh PT Summarecon Agung Tbk. bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Acara yang berlangsung selama dua minggu ini menyuguhkan beragam hal, seperti festival kuliner, pameran wine dan keju, peragaan busana, dan yang paling ditunggu, karnaval pada malam pembukaan.

Biar tak ketinggalan, yuk simak jadwal lengkap Jakarta Fashion & Food Festival 2012 berikut:

Wine & Cheese Expo (Multi Purpose Hall, 11-27 Mei 2012)

Festival Wine and Cheese Expo tahun 2011

Wine dan keju terbaik dari sejumlah negara turut dipamerkan di acara ini, seperti dari Perancis, Australia, Argentina, Chili, dan Selandia Baru.

Para pecinta wine juga dapat mendaftar untuk mengikuti rangkaian acara terkait seperti Wine Dinner, Wine & Food Pairing, Pastry Chef Show, Cheese Discovery, dan Foodtography Competition.

Festival Kuliner Kampoeng Tempo Doeloe (La Piazza, 11 Mei – 3 Juni 2012)

Festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe 2012 di kelapa gading

Kita bisa mencicipi beragam masakan khas dari berbagai daerah di nusantara, seperti Kue Putu Bambu, Soto Bangkong, Gudeg Bu Tjitro, Gado-gado Direksi, Empal Gentong Putra Mang Darma, Tongseng Pak Budi, Kupat Tahu Magelang, Sate Padang Mak Syukur, Otak-otak Petojo, Rujak Juhi Bang Tata, Kerak Telor, Tahu Gejrot, Tauge Goreng, Buah Lontar, dan masih banyak lagi.

Mata uang di Festival Kampoeng Tempoe Doeloe

Uang Kampoeng Tempo Doeloe

Sesuai namanya, lokasi Kampoeng Tempo Doeloe didekorasi ala Old Batavia, dengan akses rotan dan bambu pada tiap gubuk penjual makanan. Kita juga bisa merasakan sensasi berbelanja menggunakan uang buatan yang khusus dibuat untuk acara ini. Rp 1,000 dapat ditukar dengan Rp 1 uang Kampoeng Tempo Doeloe.

Gading Nite Carnival (12 Mei 2012, Pk. 18:00 WIB)

Festival Gading Carnaval

Malam pembukaan JFFF akan dimeriahkan oleh pertunjukan Gading Nite Carnival (GNC), yakni pada tanggal 12 Mei 2012. Jika tahun-tahun sebelumnya karnaval berkeliling dari depan Mal Kelapa Gading hingga Boulevard Raya, tahun ini karnaval mengambil rute yang lebih singkat, yakni hanya di sepanjang jalan Mal Kelapa Gading saja.

Tema karnaval tahun ini adalah Wonderlush. Rencananya, GNC akan menampilkan atraksi ratusan peserta karnaval berkostum megah yang diiringi parade mobil hias, penari jalanan, aksi teatrikal, serta permainan cahaya yang atraktif. Pertunjukan kembang api spektakuler akan hadir sebagai penutup. Panitia menyediakan kursi khusus bagi pengunjung yang ingin menyaksikan karnaval di posisi terbaik. Tiket VIP ini dapat dibeli seharga Rp 100,000.

Yang perlu diingat, jalan masuk menuju Kelapa Gading biasanya akan diblokir dan beberapa jam sebelum karnaval. Agar tak bingung dengan rute yang dialihkan, sebaiknya Anda sudah sampai di Kelapa Gading sebelum Pk 17:00 WIB. Oh ya, jangan lupa bawa kamera!

Fashion Extravaganza (14-26 Mei 2012)

Festival Fashion Extravaganza Mei 2012

Fashion Extravaganza akan menampilkan koleksi busana dengan empat kategori: Indonesian Label Designer (koleksi desainer Indonesia berkonsep siap pakai), Indonesian Exclusive Designer (koleksi masterpiece desainer Indonesia), Indonesia Fashion Brand (koleksi brand-brand terbaik dalam negeri), dan International Fashion Brand (koleksi brand internasional ternama).

Dalam pelaksanaannya, Fashion Extravaganza turut menggandeng Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), Usaha Kecil dan Menengah (UKM), para desainer muda dari sejumlah sekolah mode di Jakarta, hingga desainer independen.

Sumber foto: Jakarta Fashion & Food Festival

Baca ini juga
Scroll to top