Editor / Entries 178 v
Mengantongi banyak destinasi impian, terutama kedai kopi lokal dan pantai-pantai dari ujung barat sampai timur Indonesia. Sedikit berjiwa kucing, senang bermain air meski tak pandai berenang.

Ziarah makam R.A. Kartini di Rembang

Bagi yang sering lewat jalur Pantura (Pantai Utara Jawa), pasti sudah tak asing lagi dengan Rembang. Di kota inilah, R.A. Kartini dimakamkan.

Sebagai salah satu kota di Jawa Tengah yang ada dalam jalur mudik Lebaran, Rembang mungkin memang tidak berada dalam daftar destinasi liburan favorit banyak orang. Dibandingkan dua kabupaten tetangganya, Kudus dan Pati, Rembang cenderung lebih sepi. Namun, bukan berarti tidak ada hal menarik di kota yang menjadi gerbang antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.

peziarah makam R.A. Kartini

Masih dalam suasana Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, banyak orang yang memanfaatkan momen spesial ini untuk melakukan ziarah makam. Selain ziarah ke makam sanak keluarga, ada pula yang menambahkan ritual tahunan ini dengan mengunjungi makam para tokoh keagamaan atau kenegaraan.

Salah satu makam tokoh yang juga kerap disambangi para peziarah ialah makam R.A Kartini, pelopor pergerakan emansipasi perempuan di Indonesia.

R.A. Kartini dimakamkan di kompleks makam keluarga Bupati Rembang yang berada di atas perbukitan. Namun para pengunjung dapat mencapainya dengan berjalan kaki sejauh 200 m. Area pemakaman menempati lahan seluas 10 hektar.

Kartini

Makam ini dibangun oleh Raden Mas Djojodiningrat, yang tak lain adalah suami R.A Kartini. Bentuk bangunan mengadopsi rumah Joglo khas Jawa. Nisan R.A. kartini berlapis marmer Italia, dan makamnya dikelilingi oleh pagar besi. Letak makamnya terpisah dengan makam sang suami.

Kompleks makam diramaikan oleh para peziarah terutama pada akhir pekan. Puncak ziarah biasa jatuh pada tanggal 21 April, atau bertepatan dengan hari kelahiran R.A. Kartini.

Di luar kompleks terdapat patung R.A. Kartini memakai kebaya, dan sedang memegang buku. Patung ini merepresentasikan sosok Kartini yang menuntut persamaan hak antara perempuan dan laki-laki, terutama dalam menuntut ilmu. Selain itu, ia tak melepaskan citranya sebagai seorang perempuan Jawa, yang disimbolkan melalui kebaya yang ia pakai.

Sadar akan potensi wisata daerah ini, pemerintah daerah melengkapi kompleks pemakaman dengan berbagai fasilitas. Diantaranya penginapan, warung makan, tempat ibadah, serta kios cinderamata. Aksesori yang banyak dijual di tempat ini antara lain perhiasan yang terbuat dari perak dan batu akik, serta kerajinan tanah liat. Pengunjung bisa melakukan ziarah makam sekaligus berbelanja oleh-oleh.

Makam R.A. Kartini
Alamat: Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang.
Jam operasional: Setiap hari Pk 07.00—16.00 WIB

Baca ini juga
Scroll to top