Maskapai Penerbangan yang Populer di Indonesia

Jetstar Asia Airways Rincian

Jetstar Asia Airways berkantor pusat di Singapore. Maskapai ini terbang ke 21 destinasi di seluruh dunia dan memiliki 36 rute. Jetstar Asia Airways memulai operasinya pada 2004 dan saat ini memiliki armada sejumlah 18 pesawat. Slogan maskapai ini adalah "".

Profile Jetstar Asia Airways

Jetstar Airways adalah maskapai penerbangan bertarif rendah (low cost carrier) Australia yang didirikan pata tahun 2003. Maskapai penerbangan yang mengusung slogan "Low Fares, Good Times" ini dimiliki oleh maskapai penerbangan layanan penuh (full service) Qantas Airways. Jetstar beroperasi menggunakan kode penerbangan JQ dan JST.

Selain Jetstar Airways, ada empat sister airline milik Jetstar yang beroperasi melayani rute penerbangan di berbagai kawasan, seperti Jetstar Asia, Jetstar Pacific, Jetstar Japan, dan Jetstar Hong Kong.

Saat ini Jetstar melayani rute penerbangan domestik, regional, dan internasional dari hub utama Bandara Internasional Melbourne. Armada yang dioperasikan antara lain Airbus A320, Airbus A330, dan Boeing 787 Dreamliner.

Dari segi bisnis, Jetstar berada di lini yang sama dengan pesaingnya Virgin Australia dan Tigerair Australia. Jetstar Airways merupakan maskapai penerbangan Australia pertama yang memungkinkan penumpangnya memilih sendiri kursi mereka.

Berbagai penghargaan internasional pernah diraih Jetstar Airways. Beberapa di antaranya dari SkyTrax seperti Maskapai Berbiaya Rendah Terbaik - Australia/Pasifik (2011-2013), Awak Kabin Terbaik - Australia dan Selandia Baru (2007), Maskapai Penerbangan Bertarif Murah Terbaik - Australia dan Selandia Baru (2009).

Ada pula penghargaan untuk Jetstar Asia kategori Pertumbuhan Lalu Lintas Penumpang Terbesar (2011) dari maskapai Changi, Penghargaan Pilihan Masyarakat Kategori Maskapai penerbangan Bertarif Murah (2010) dari AsiaOne, dan lain-lain.

Jetstar Airways GPO Box 4713 Melbourne, Victoria 3001

Jetstar Asia Singapore Changi Airport T1 PO Box 323 Singapore 918144

Call Center 021 2555 6333 (dari indonesia)
001 803 852 9779 (dari Indonesia)
(613) 9645 5999

Website www.jetstar.com

Service Standard Low Cost Carrier (LCC)

Informasi Maskapai
  • Kode IATA
    3K
  • Kode ICAO
    JSA
  • Kantor Pusat
    Singapore
  • Fleet
    18
  • Destinasi
    21
  • Beroperasi sejak
    2004
  • Aliansi
    Lcc
Hub Maskapai

Jetstar Asia Airways - Check-in Guide

Baggage
Tiket Jetstar reguler tidak menyediakan layanan bagasi. Untuk dapat membawa bagasi, penumpang kelas Ekonomi Starter dan Ekonomi Starter Plus harus membeli alokasi bagasi dengan berat beragam, yakni 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, 35 kg, atau 40 kg. Berat alokasi ini berlaku untuk satu penumpang per penerbangan.

Penumpang jenis Starter Max mendapat alokasi bagasi seberat 20 kg dan dapat membeli tambahan hingga 20 kg. Penumpang kelas Bisnis dan Bisnis Max secara otomatis mendapat alokasi bagasi seberat 30 kg dan dapat membeli bagasi tambahan hingga 10 kg.

Check-in Time
Selain check-in langsung di bandara, Jetstar Airways menyediakan dua jenis layanan layanan check-in untuk memudahkan penumpang saat akan bepergian. Tersedia mulai dari 48 jam hingga 60 menit sebelum keberangkatan.

Web Check-in
Penumpang dapat melakukan check-in melalui situs Jetstar mulai dari 48 jam hingga 60 menit sebelum keberangkatan. Boarding pass dapat dicetak atau dikirim ke email. Khusus penumpang domestik Australia dan Selaindia Baru, boarding pass dapat dikirim melalui SMS. Jika penerbangan pulang dalam waktu tujuh hari atau kurang, Anda juga dapat check-in bersamaan sebelum berangkat.

Counter Check-in
Pemegang tiket Jetstar harus melakukan check-in di counter bandara jika: Terdapat 7 penumpang dalam satu pesanan tiket Berangkat dari terminal internasional Ada permintaan khusus dalam pemesanan (misalnya kursi roda, alat bantu gerak, dsb) Bepergian dengan bayi

Kiosk Check-in
Bagi penumpang Jetstar yang berangkat dari Australia dan Selandia Baru, Anda dapat melakukan check-in di kios yang tersedia bandara-bandara sebagai berikut: Australia: Tullamarine, Avalon, Sydney, Gold Coast, Brisbane, Newcastle, Hobart, Cairns, dan Darwin Selandia Baru: Auckland, Christchurch, Queenstown, dan Wellington.

Unaccompanied Minor Service
Jetstar tidak memiliki fasilitas khusus pendamping bagi penumpang anak-anak yang akan melakukan perjalanan secara mandiri.

Penumpang berusia di bawah 12 tahun tidak diperkenankan terbang sendiri dan harus didampingi penumpang berusia minimal 15 tahun. Peraturan ini juga berlaku untuk penerbangan Jetstar Asia (3K), Valuair, Vietnam Jetstar Pacific (BL) rute domestik, dan Jepun Jetstar Japan rute domestik.

Paspor dan akte kelahiran penumpang harus dibawa sebagai bukti tanda pengenal yang disetujui untuk memverifikasi usia.

Jetstar Asia Airways - In Flight

Meals
Makanan dan minuman dapat dibeli di dalam penerbangan Jetstar. Anda dapat memilih berbagai jenis kudapan maupun makanan dalam kemasan dan variasi minuman, seperti kopi hingga wine.

Penumpang Kelas Ekonomi

  • Penerbangan dengan tiket Jetstar Kelas Ekonomi jarak jauh (pesawat A330 atau 787**), Anda akan mendapat penawaran di muka. Menu makan siang dan makan malam tersedia dari makanan barat, vegetarian, dan makanan penutup (dessert), dan roti. Dalam beberapa penerbangan, makanan kedua akan turut disajikan. Semua makanan dilengkapi air mineral dan minuman panas.

  • Penerbangan internasional yang dioperasikan oleh Jetstar Airways (JQ) makanan harus dipesan saat reservasi tiket, dan tidak dijual di dalam pesawat.

  • Penerbangan domestik Jetstar Japan (GK) dan Jetstar Asia/Valuair (3K/VF) tertentu, makanan dapat dipesan di awal atau dibeli saat berada di dalam pesawat.

Penumpang Kelas Bisnis

Makanan yang disediakan untuk seluruh penumpang Kelas Bisnis terdiri dari makan siang dan makan malam tiga menu, camilan gourmet, dan sarapan kontinental yang disajikan layaknya oleh room service. Menu yang ada bervariasi, mulai dari menu barat, regional, dan vegetarian bagi Anda yang tidak mengonsumsi produk hewani. Minuman premium seperti wine yang memenangkan penghargaan Cellars in the Sky dan kopi Grinders dari Perancis.

Entertainment

Jetstar melengkapi pelayanannya dengan menyediakan fasilitas hiburan dalam penerbangan-penerbangan tertentu. Anda dapat menonton film-film terbaru, acara komedi televisi, membaca e-magazine, mendengarkan musik-musik terkini, atau bermain game interaktif. Hiburan tersebut ditayangkan melalui monitor pada sandaran kusi atau Jetstar iPad®.

Penumpang Jetstar Kelas Bisnis Internasional otomatis mendapatkan akses gratis dan tak terbatas untuk hiburan dan fasilitas headset. Penumpang 787** akan mendapatkan fasilitas layar tv di sandaran dan headset. Penumpang Kelas Ekonomi dapat memesan paket hiburan saat reservasi tiket Jetstar Airways.

Penumpang A330 dalam penerbangan internasional dapat menyewa iPad untuk mengakses hiburan dalam pesawat. Jumlah iPad yang tersedia terbatas, sehingga penumpang dianjurkan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Penumpang A320 dan A321 dalam penerbangan lebih dari 90 menit juga dapat memesan iPad.

iPad tidak tersedia pada penerbangan Intra-Asia atau Jetstar Asia (3K).

Refund Policy

Ubah Nama

  • Hanya dapat dilakukan melalui Call Center Jetstar Airways 001-803-852-9779 (24 jam) atau 021-2555-6333 (Senin - Jumat 08.30 - 17.00 WIB)
  • Dikenakan biaya perubahan nama per penumpang per booking, namun berlaku bagi seluruh penerbangan penumpang tersebut.
  • Pemegang tiket Jetstar Max Bundle gratis biaya perubahan nama
  • Perubahan nama tidak diperbolehkan untuk pemesanan menggunakan Qantas Frequent Flyer, Qantas & Jetstar Any Seat Award, atau JAL Mileage Bank.

Pindah Rute (Reroute)
Pindah rute (reroute) tidak dapat dilakukan untuk tiket Jetstar Starter Fare dan tiket Jetstar Starter Fare dengan Plus Bundle. Pemegang tiket Jetstar Starter Fare dengan Max Bundle bisa melakukan pindah rute (reroute) jika lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan. Jika terdapat selisih harga tiket tidak dikembalikan.

Penjadwalan Ulang (Reschedule)

  • Hanya dapat dilakukan melalui Call Center Jetstar Airways 001-803-852-9779 (24 jam) atau 021-2555-6333 (Senin - Jumat 08.30 - 17.00 WIB)
  • Dilakukan selambatnya 24 jam sebelum keberangkatan
  • Jika harga tiket baru lebih rendah, selisih harga tidak dapat dikembalikan. Jika harga tiket yang sama tidak tersedia, akan dialihkan ke harga tiket yang lebih tinggi.
  • Dikenakan biaya reschedule per penumpang per penerbangan berdasarkan sektor: Domestik Australia dan Selandia Baru (AUD/NZD 75), Domestik Vietnam (VND 310.000/ USD 15), Domestik Jepang (JPY 4320), IntraAsia (SGD 70), Internasional Jarak Pendek (AUD 85), Internasional Jarak Jauh (AUD 100)

Pembatalan (Cancellation) & Pengembalian Uang (Refund)
Refund tidak berlaku untuk tiket Jetstar Starter Fare dan tiket Jetstar Starter Fare dengan Plus Bundle. Refund dapat diberikan pagi pemegang tiket Jetstar Starter Fare dengan Max Bundle.

Ketentuan dan syarat refund:

  • Biaya refund dikenakan per penumpang dan per booking.
  • Refund harus diajukan selambatnya pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan
  • Jumlah biaya refund Max Bundle dibedakan berdasarkan sektor: Domestik Australia dan Selandia Baru (AUD/NZD 50), Domestik Vietnam (VND 400.000), Domestik Jepang (JPY 3090), IntraAsia (SGD 50), Internasional Jarak Pendek (AUD 50), Internasional Jarak Jauh (AUD 50)

Seluruh ketentuan refund diatur dan ditetapkan sepenuhnya oleh Jetstar. Pihak maskapai penerbangan berhak melakukan perubahan atau pembatalan jadwal penerbangan jika dianggap perlu atas alasan keselamatan, teknis, ataupun komersial.

Disclaimer: Proses refund sepenuhnya dilakukan oleh Jetstar dan tidak melalui Wego Indonesia.